Gaya Hidup Kekinian

Kesehatan

4 Tips Diet untuk Penderita PCOS Menurut Ahli Gizi

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi satu dari sepuluh wanita usia subur. Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, wanita dengan PCOS memiliki ketidakseimbangan hormon dan masalah metabolisme yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan mereka secara keseluruhan. PCOS juga merupakan penyebab infertilitas yang umum dan dapat diobati.

Meskipun tidak ada obatnya, ada beberapa cara untuk mengelola gejala Anda, mulai dari obat-obatan tertentu (seperti pengendalian kelahiran atau terapi progestin) dan perubahan gaya hidup, termasuk perubahan pola makan. Melansir laman Purewow, para ahli berbagi tips pola makan untuk mengelola gejala PCOS dengan lebih baik.

Ini Diet Terbaik untuk PCOS, Menurut Dokter dan Ahli Gizi

1. Makan Banyak Makanan Kaya Antioksidan

PCOS adalah peradangan kronis tingkat rendah. Tapi, menurut Dr. Gretchen San Miguel, makanan kaya antioksidan dan makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan beberapa peradangan berlebih ini. Dia merekomendasikan ikan seperti salmon, sarden dan kacang-kacangan dan sumber lain dari sumber lemak sehat seperti kenari, alpukat dan minyak zaitun extra virgin. Dia memperingatkan bahwa, meskipun makanan ini tinggi lemak sehat, tetap penting untuk memperhatikan ukuran porsi.

Ahli gizi dan celebrity chef Serena Poon mengatakan dengan menambahkan minyak zaitun extra-virgin atau EVOO khususnya, ke dalam makanan Anda dapat membantu memberikan asam lemak omega-3. Carilah minyak zaitun yang memiliki kandungan fenolik tinggi, karena minyak zaitun ini membawa sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu penyembuhan tubuh. Adapun kenari, yang dia sebut sebagai camilan pertengahan pagi yang sempurna, Poon mencatat, “Kenari juga telah terbukti membantu menyeimbangkan hormon dengan cara yang mendukung kesehatan wanita dengan PCOS.”

2. Cobalah untuk Mengurangi Makanan yang Sangat Olahan

“Makanan olahan tinggi dan makanan tinggi lemak jenuh atau terhidrogenasi harus dihindari karena tidak menyehatkan jantung dan dapat lebih meningkatkan produksi estrogen, yang dapat memperburuk gejala PCOS dan/atau menyebabkan penambahan berat badan,” kata Dr. San Miguel. Dia merekomendasikan untuk menikmati produk susu dengan hemat dan memilih bison atau potongan daging sapi tanpa lemak—seperti filet mignon daripada iga atau potongan strip steak —dan dada ayam tanpa kulit dan kalkun rendah lemak dan tenderloin babi daripada unggas dan daging babi yang digoreng atau dilapisi tepung roti.

3. Memilih Buah dan Sayur yang Tepat

Menurut Poon dan Dr. San Miguel tidak semua buah dan sayur bermanfaat untuk mengelola gejala PCOS. “Untuk mengelola gejala PCOS dan membatasi penambahan berat badan, hindari karbohidrat olahan dan gula dan buat pilihan buah, sayuran, dan pati yang lebih cerdas menggunakan Indeks Glikemik sebagai panduan — semakin rendah indeks glikemik, semakin lama makanannya. dibutuhkan untuk mencerna; ini mengontrol kadar insulin, mencegah rasa lapar, penambahan berat badan, dan kelesuan,” ujarnya.

Keduanya merekomendasikan untuk memprioritaskan blueberry, stroberi dan raspberry dan menghindari atau membatasi buah-buahan dengan glikemik tinggi seperti pisang dan nanas. Untuk sayuran, Dr. San Miguel menyarankan untuk menikmati sayuran berdaun gelap seperti kale dan bayam, karena kaya akan vitamin dan nutrisi serta memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Poon adalah penggemar brokoli, karena banyak wanita yang hidup dengan PCOS mengalami resistensi insulin, yang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius. “Makan makanan yang tinggi serat dapat membantu memerangi resistensi insulin,” catatnya. “Brokoli adalah makanan lezat yang menyediakan serat dalam jumlah yang baik.” Dalam hal membatasi sayuran, jangan berlebihan pada wortel, jagung, dan kentang putih.

4. Pastikan Anda Mendapatkan Cukup Vitamin D

Poon menunjuk pada penelitian seperti ini oleh para peneliti di Taiwan yang telah menemukan bahwa 70 hingga 80 persen wanita dengan PCOS juga menderita kekurangan vitamin D. “Para peneliti juga menemukan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat memperburuk gejala PCOS.” Jika dokter Anda menentukan bahwa kadar vitamin D Anda lebih rendah dari ideal, Anda dapat meningkatkan kadar Anda dengan suplemen atau makanan tertentu yang tinggi vitamin, seperti ikan todak, salmon, dan kuning telur.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.