Gaya Hidup Kekinian

Otomotif

Apa Saja Tindakan yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas?

Pembelian mobil bekas tidak hanya selesai setelah membayar mobil sesuai harga mobil bekas. Anda harus melakukan beberapa tindakan atau langkah-langkah tertentu setelah resmi menjadi pemilik mobil bekas tersebut.

Memangnya, apa saja hal yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas? Artikel ini akan memberikan informasi terkait tindakan yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas!

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Berikut ini beberapa tindakan yang wajib dilakukan setelah Anda membeli mobil bekas, yaitu:

1. Melakukan Pengecekan Mobil

Tindakan pertama yang wajib untuk dilakukan adalah mengecek seluruh kondisi mobil, baik itu kondisi bagian luar maupun dalam mobil tersebut. Pengecekan dapat dilakukan secara mandiri maupun menggunakan jasa teknisi professional di bengkel mobil terpercaya.

Pengecekan terhadap mobil bekas perlu dilakukan secara teliti untuk menemukan bagian-bagian yang perlu diganti atau perbaiki. Selain itu, proses ini juga menentukan jenis service yang harus dilakukan terhadap mobil bekas tersebut.

2. Mengganti Semua Cairan Mobil

Setelah melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil, jangan lupa juga untuk mengganti semua cairan di dalam mobil bekas. Mengapa tindakan ini sangat penting untuk dilakukan? Hal ini karena ada kemungkinan bahwa cairan di dalam mobil bekas tersebut sudah lama tidak diganti.

Apa saja cairan di dalam mobil yang harus diganti? Beberapa cairan yang harus diganti adalah oli mesin, minyak rem, cairan aki, cairan radiator, oli gardan, oli persneling, cairan pembersih kaca mobil, dan lain sebagainya.

Pastikan semua cairan mobil diganti dengan cairan yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tujuannya tentu agar performa mobil bekas tetap bagus dan tidak sering mengalami masalah ketika digunakan dalam perjalanan.

3. Service Mobil

Service mobil juga perlu dilakukan, baik itu service mobil ringan ataupun service mobil berat. Jenis service yang harus dilakukan sangat tergantung kondisi mobil bekas ketika dibeli. Semakin bagus kondisi mobil bekas, tentu saja service yang dilakukan akan semakin ringan.

Siapkan anggaran yang cukup untuk melakukan service terhadap mobil bekas. Estimasi biaya untuk service mobil bekas kurang lebih sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000 tergantung kondisi mobil bekas.

Biaya yang lebih besar juga perlu dipersiapkan ketika ditemukan beberapa bagian mobil yang harus diganti saat service.

4. Membersihkan Mobil Kembali Secara Keseluruhan

Tindakan terakhir yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas adalah membersihkan mobil secara keseluruhan. Pembersihan mobil bukan hanya dilakukan pada bodi mobil bagian luar, tetapi bersihkan juga bagian dalam mobil secara keseluruhan.

Hal ini wajib dilakukan karena Anda tidak tahu mobil bekas tersebut sebelumnya digunakan untuk apa saja. Kebersihan mobil menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman selama perjalanan.

Melakukan service dan berbagai tindakan lainnya terhadap mobil bekas akan membuat mobil lebih aman dan nyaman digunakan. Namun, sebelum itu jangan lupa pastikan untuk membeli mobil bekas terbaik dengan harga terjangkau di mo88i.

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.