Gaya Hidup Kekinian

Kesehatan

Ketahui Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang sudah menjadi salah satu buah yang memang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Buah tersebut memang tumbuh subur di bagian negara dengan iklim tropis, seperti contohnya Indonesia. Begitu banyak manfaat yang dikandung di dalam buah pisang.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya meliputi protein, karbohidrat, vitamin A, mangan, vitamin C, vitamin B, kalium, serat dan magnesium. Dengan banyaknya kandungan tersebut wajar saja jika pisang memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pisang yang penting untuk Anda ketahui.

Apa Saja Manfaat Buah Pisang?

Sebagai Sumber Energi

Manfaat pertama dari pisang yaitu buah yang satu ini dikenal sebagai sumber karbohidrat yang sangatlah baik. Di dalam sebuah pisang Anda akan menemukan sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat tersebut akan dipecah jadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar bagi tubuh Anda.

Karbohidrat juga bisa diubah menjadi glikogen, yaitu bentuk glukosa yang mana di sini disimpan di otot dan hati serta dipakai sebagai energi selama menjalankan aktivitas.

Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang bisa membantu fungsi pembuluh darah di dalam melakukan pengangkutan oksigen ke otak, menurunkan tekanan darah serta menjaga kestabilan detak jantung. Tak hanya itu saja, pisang juga diketahui bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke.

Mengatasi Mual Ketika Hamil

Pisang memiliki kandungan berupa vitamin B6 yang bisa mengurangi rasa mual dan juga muntah ketika hamil. Selain itu, kandungan kalium bisa mengembalikan elektrolit yang hilang oleh karena muntah tersebut. Hal tersebutlah yang menjadikan pisang memang sangat baik untuk dikonsumsi terutama oleh mereka yang hamil.

Menjaga Saluran Cerna

Pisang adalah sumber probiotik sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan usus. Sebuah riset menunjukkan bahwasanya probiotik bisa mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit dan reaksi tubuh oleh karena konsumsi antibiotik.

Di samping itu juga akan menyehatkan saluran pencernaan, pisang memiliki kandungan serat yang bisa mencegah sembelit dan juga kanker usus besar. Pisang jadi salah satu pilihan buah yang aman bagi asam lambung dikarenakan termasuk buah yang rendah asam.

Mencegah Terjadinya Kerusakan Jaringan dan Sel Tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah pisang bisa mencegah terjadinya kerusakan jaringan dan sel tubuh oleh karena radikal bebas, sehingga mampu menurunkan resiko terserang berbagai penyakit seperti penyakit kanker.

Mengurangi Resiko Penyakit Ginjal

Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi dalam mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah riset juga menunjukkan bahwasanya mereka yang terpenuhi asupan kalium mempunyai risiko yang jauh lebih rendah terserang penyakit batu ginjal tersebut.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pisang selanjutnya yaitu pisang dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Syarat yang terdapat di dalam buah pisang bisa memberikan efek kenyang yang jauh lebih lama serta menahan nafsu makan, sehingga di sini Anda tak akan makan secara berlebihan. Inilah yang jadi alasan mengapa buah pisang baik untuk Anda yang tengah menjalani program diet guna menurunkan berat badan.

Meredakan Tukak Lambung

Pisang bisa memicu peningkatan lendir yang terdapat di lambung, sehingga bisa mencegah maupun merendahkan tukang lambung. Pisang tersebut juga berperan sebagai antasida alami yang mana di sini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga mampu untuk mengatasi nyeri akibat penyakit maag.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.