Gaya Hidup Kekinian

Lifestyle

Referensi 7 Masjid Megah dengan Arsitektur Unik, Cocok untuk Wisata Religi

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki masjid megah dengan arsitektur unik. Beberapa masjid bahkan menjadi ikon Indonesia, seperti Masjid Istiqlal di Jakarta yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, ada pula Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh yang juga terkenal.

Namun selain dua masjid itu, ada sejumlah masjid yang memiliki desain unik dan megah. Masjid Agung Jawa Tengah juga biasa dikenal sebagai terkenal dengan arsitekturnya yang memadukan gaya Jawa, Arab, dan Romawi. Masjid ini memiliki enam payung hidrolik raksasa di pelataran yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Payung payung ini dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kondisi cuaca, memberikan keindahan tersendiri terutama saat senja. Penyaluran Kredit Naik 10,2 Persen, Bank BJB Raup Laba Bersih Rp1,7 Triliun di Triwulan III 2023 Teks Khutbah Idul Adha 2023 yang Singkat dan Penuh Pelajaran, Tiga Ibadah yang Memuat Nilai Tawakal

Gegara Krisis Ekonomi, Kredit Perbankan China Anjlok ke Level Terendah dalam 14 Tahun Terakhir Kecelakaan Maut Hari Ini, Seorang Wanita Tewas, Mobil Elf Hantam Pagar Lalu Tabrak Korban Di area ini juga terdapat Menara Al Husna setinggi 99 meter yang dilengkapi dengan lift dan menyediakan pemandangan Kota Semarang dari atas.

Diresmikan pada tahun 2022, Masjid Sheikh Zayed Solo adalah hadiah dari Uni Emirat Arab untuk Indonesia. Masjid ini mengadopsi gaya arsitektur Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi dengan sentuhan modern. Kubah besar dan menara tinggi menjadi ciri khas masjid ini, yang juga dilengkapi dengan fasilitas canggih dan interior megah.

Masjid ini mampu menampung hingga 10.000 jamaah dan menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Berada di Bandung, Jawa Barat, Masjid Al Jabbar adalah salah satu masjid dengan desain paling futuristik di Indonesia. Masjid ini memiliki bentuk atap menyerupai perahu terbalik dengan empat menara yang menjulang tinggi.

Dibangun di atas lahan seluas 25 hektare, masjid ini juga dikelilingi oleh danau buatan yang menambah keindahan dan kesejukan suasana. Selain itu, di dalam masjid terdapat museum sejarah Islam yang sangat edukatif. Yang terletak di Depok, Jawa Barat, didirikan oleh pengusaha terkenal Erick Thohir.

Arsitektur masjid ini memadukan gaya Timur Tengah dan Eropa dengan dominasi warna putih yang elegan. Kubah utama masjid dilapisi dengan mozaik yang indah, sementara interiornya dihiasi dengan kaligrafi dan ornamen islami yang detail. Masjid ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan sosial dan pendidikan.

Dikenal juga sebagai Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Sumatera Barat di Padang memiliki arsitektur yang sangat khas. Atapnya bergaya gonjong seperti rumah adat Minangkabau. Masjid ini dirancang untuk tahan gempa, mengingat lokasinya yang rawan bencana.

Dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 20.000 jamaah, masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern dan taman yang asri. Masjid 99 Kubah yang terletak di kawasan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, terkenal dengan desainnya yang unik karya arsitek Ridwan Kamil. Seperti namanya, masjid ini memiliki 99 kubah yang melambangkan Asmaul Husna.

Warna warna cerah pada kubahnya menciptakan pemandangan yang sangat menarik, terutama saat senja. Masjid ini juga menjadi landmark baru bagi Kota Makassar dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Masjid Islamic Center Samarinda di Kalimantan Timur adalah salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid ini memiliki tujuh menara yang menjulang, dengan menara utama setinggi 99 meter. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Nabawi dengan sentuhan khas Kalimantan. Masjid ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Samarinda.

Ketujuh masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga destinasi wisata religi yang menawarkan keindahan arsitektur dan ketenangan spiritual. Mengunjungi masjid masjid ini akan memberikan pengalaman yang berkesan dan memperkaya pengetahuan kita tentang keanekaragaman budaya Islam di Indonesia. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *