Gaya Hidup Kekinian

Travel

Si Buah Manis dan Bergizi, Ketahui 9 Varian Kurma di Dunia

Kurma, buah asal Timur Tengah ini memiliki tekstur kering dan rasa yang manis alami. Buah yang dikenal memiliki gizi tinggi ini sudah dibudidayakan sejak 8.000 tahun yang lalu.

Seperti buah lainnya yang memiliki beragam jenis, kurma pun sama. Di dunia ini setidaknya ada 9 varian kurma yang bisa ditemui dengan karakteristiknya masing-masing. Berikut daftarnya:

Medjool

Kurma jenis ini biasa dibudidayakan di Arab Saudi, Yordania dan Maroko. Biasanya buah ini berwarna coklat kemerahan, memiliki tekstur berserat dan rasa manis yang khas. Kurma ini telah populer dan mendunia.

Omani

Kurma Omani berwarna coklat tua dan memiliki tekstur cukup berair dan berukuran besar. Kurma varian ini berasal dari Oman yang merupakan varietas yang terbaik.

Deglet Nour

Jika tidak terlalu suka dengan tekstur berserat, maka varian kurma ini pilihannya. Buahnya memiliki ukuran sedang dan super lembut. Kurma berwarna coklat keemasan tua dan berbentuk lonjong memanjang ini berasal dari Tolga, Biskra dan Oued Righ di Aljazair.

Ameri

Pecinta rasa manis maka kurma varian Ameri direkomendasikan. Varian kurma yang berasal dari Irak ini memiliki rasa yang manis dan berbentuk lonjong memanjang.

Khudri

Berasal dari Arab Saudi, kurma ini memiliki rasa yang cukup manis dan bentuknya ada yang kecil dan besar. Teksturnya terdapat serpihan di kulit semacam kerutan dan berwarna coklat gelap.

Zahidi

Kurma ini memiliki rasa yang cukup unik. Varian asal Irak Utara ini memiliki rasa seperti selai kacang, berbentuk oval dan berukuran sedang, kulitnya berwarna coklat muda.

Halawi

Varian kurma ini memiliki bentuk yang paling kecil dibanding varian lainnya. Dengan rasa seperti madu karamel dan bentuk yang halus, kurma ini berasal dari Mesopotamia.

Mazafati

Kurma ini berwarna coklat tua dan memiliki ukuran 2,5 – 4 sentimeter. Rasa kurma ini seperti karamel dan cokelat. Kurma yang sangat lezat ini berasal dari Kerman dan Iran.

Safawi

Varian terakhir berasal dari Arab Saudi yang memiliki tekstur bulat dengan ukuran sedang. Dikenal memiliki warna cherry hitam pekat dan rasanya lebih manis dari kurma Khudri. Selain itu, kurma varian ini sangat populer dan dapat ditemukan dengan mudah di seluruh dunia.

SHELAMITA AZZAHRA | TIMES OF INDIA

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.